IR

Monday, August 3, 2020

Info Pelatihan Menjahit bersama BLK Komunitas YMIM

Bismillah, semoga terarahkannya kamu ke postingan ini tidak sia-sia, ada insight yang kamu dapat :)



Hai kali ini aku mau berbagi informasi sesuai janji aku di IG @irmanuy hehe maaf ya baru sempat nulis perihal pelatihan menjahit yang sudah ku ikuti, karena lumayan banyak yang nanya, aku jawab di sini ya lengkapnya.



Berikut pertanyaan yang sering ditanyakan

Q: Lokasinya dimana?
A: Jl. Letda Lukito Desa Jatiroke Kec. Jatinangor Kab. Sumedang (Dekat Cafe Rocke).

Q: Siapa yang mengadakan?
A: Balai Latihan Kerja Komunitas Yayasan Mitra Insani Mandiri (BLK YMIM).

Q: Berapa biayanya?
A: GRATISSSSS. Fasilitas serba disediakan. Seragam, sepatu, kebutuhan alat jahit, modul, alat tulis, konsumsi dan transport juga disediakan anggarannya karena BLK salah satu program pemerintah.

Q: Berapa lama?
A: Kurang lebih satu bulan.

Q: Jadwalnya bagaimana?
A: Senin - Sabtu , dari jam 7.30 - 14.30, yup hanya Minggu yang libur.

Q: Siapa saja yang boleh ikut?
A: Perempuan dan laki-laki usia min. 17 tahun maks. 30 tahun.

Q: Apa dari luar Jatinangor boleh ikut?
A: Diprioritaskan Jatinangor dulu, hanya saja sekitar Jatinangor masih bisa dipertimbangkan, seangkatan aku ada dari Tanjungsari dan Cimanggung. Bagi yang jauh dari Jatinangor bisa cari2 info ya barangkali di sekitarnya ada BLK juga.

Q: Bagaimana jika minat ikut?
A: Mengisi formulir yang telah disediakan, bisa datang saja ke lokasi BLKK YMIM.

Q: Syarat berkas yang perlu disiapkan apa saja?
A: Daftar riwayat hidup, fotocopy ijazah terakhir, fotocopy KTP/SIM, pas foto berwarna (kemeja putih, berdasi hitam, dengan berlatar belakang merah) ukuran 2x3 & 3x4 = @ 3 lembar, surat pernyataan izin dari suami/orangtua.

Q: Ada tesnya dulu gak?
A: Hanya interview keseriusan kita saja kalau disini, sebelumnya ada seleksi berkas administrasi.

Q: Satu angkatan berapa orang?
A: Karena pelatihnya baru ada satu, jadi terbatas hanya 16 orang.

Q: Apa saja yang dipelajari selama satu bulan?
A: K3, Mengukur tubuh pelanggan sesuai dengan desain, Membuat pola busana dengan teknik kontruksi, Memotong bahan, Menjahit dengan mesin, Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan, Melakukan pengepresan.

Sudah jelas belum ya? Hehehe kalau belum, bisa kontak Teh Nurul salah satu staff di sana, boleh DM aku dulu ya untuk dapat kontaknya.

Ada kabar akan mulai lagi sekitar pertengahan atau akhir Agustus, jadi bagi yang minat ikut angkatan kedua di tahun ini segera datang ke kantor untuk mendaftar.

Kalau ditanya kesan-kesannya aku bagaimana setelah ikut pelatihan di sana, Alhamdulillah senang "pisan", tidak menyesal sedikit pun, merasa beruntung hehehe yang awalnya sama sekali gak bisa jahit, membayangkannya takut eh ternyata tidak semenyeramkan itu loh mesin jahit. Ya meskipun belum terampil banget, itu karena aku kurang bakat sepertinya hehehe mesti berlatih lebih banyak lagi. Senangnya sudah membuat kemeja, rok, tunik untuk sendiri, ada gambaran bagaimana membuat pola sendiri, alhamdulillah alhamdulillah terima kasih BLK YMIM.

Sekian dulu sharingnya.
Ada bonus info, BLK Sumedang juga lagi buka penerimaan loh, tidak hanya menjahit. Ini lokasinya di  Rancamulya Sumedang ya bukan di Jatiroke, di Jatiroke baru ada pelatihan menjahit saja. Katanya sih yang di Sumedang ini disediakan mess, untuk info lengkap ada IGnya BLK Sumedang.



1 comment:

  1. Hoooo jadi BL itu pelatihannya keterampilan yang seperti ini yaah

    Aku pikir kayak sertifikasi sertfikasi utk pelatihan skill pekerja perusahaan gitu

    ReplyDelete